Uncategorized

Cara Mengobati Amandel

Amandel – Amandel atau tonsilitis, biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Tak heran bila tonsilitis bisa dirasakan baik oleh anak-anak maupun orang dewasa. Penderita amandel menderita sakit kepala, demam, sakit tenggorokan saat menelan, sakit telinga, dan batuk. Gejala ini biasanya hilang dalam tiga sampai empat hari.

Meski sebagian besar kasus amandel atau tonsilitis tidak serius, selalu disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter jika Anda memiliki gejala yang berlangsung lebih dari empat hari. Ini terutama benar jika Anda tidak merasakan tanda-tanda penyembuhan, atau jika gejala Anda semakin parah dan membuat Anda tidak bisa makan sepenuhnya, atau bahkan jika Anda mengalami kesulitan bernapas.

Kebanyakan orang dewasa dengan amandel takut untuk menjalani operasi amandel ketika dokter menyarankannya. Menurut dokter, tidak perlu menjalani tonsilektomi, masih ada beberapa metode pengobatan tonsilitis. Berikut langkah-langkahnya

1. Istirahat yang cukup dulu

Saat amandel Anda meradang, Anda perlu istirahat di rumah. Pasalnya, istirahat bisa mempercepat proses penyembuhan. Tubuh yang terkena membutuhkan banyak energi untuk melawan bakteri. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk tidak melakukan aktivitas yang berlebihan seperti bekerja, sekolah, atau olahraga sampai Anda benar-benar pulih.

2. Makan makanan lunak

Saat mengalami tonsilitis, biasanya anda tidak mau makan karena susah menelan. Untuk mengatasinya, pilih makanan yang empuk, pendek, dan mudah tertelan. Makanan seperti bubur, sup, nasi kukus atau kentang tumbuk bisa jadi pilihan Anda. Makanan yang digoreng atau pedas harus dihindari karena dapat semakin mengiritasi amandel dan tenggorokan.

3. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan peradangan dan nyeri pada tenggorokan akibat amandel yang membengkak. Ambil secangkir air hangat dan larutkan sekitar satu sendok teh garam. Jika rasanya terlalu kuat untuk Anda, Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok makan madu alami. Berkumurlah dengan larutan garam ini sambil menonton selama 30 detik. Anda bisa melakukan ini dua kali sehari saat sakit tenggorokan.

4. Minum obat pereda nyeri

Bila rasa sakit tak tertahankan anda bisa mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibu profen, Anda bisa mengonsumsi pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen.

5. Minum banyak air

Jaga kelembapan tenggorokan dan amandel. Amandel yang kering akan lebih nyeri. Jadi, pastikan untuk minum banyak air agar tetap terhidrasi. Anda juga bisa minum air hangat untuk melegakan tenggorokan. Namun, air dingin tetap aman untuk meredakan nyeri. Pilih jenis yang paling nyaman untuk tenggorokan Anda.

Berikut beberapa cara mengobati Amandel pada orang dewasa. Jika Anda membutuhkan obat tanpa harus ke rumah sakit, Anda bisa membelinya di apotek terdekat.