Bisnis, Kesehatan, Otomotif, Properti, Teknologi, Tips Trik, Travelling, Uncategorized

Industri Otomotif

“Siapa pun yang bisa menguasai pasar digital otomotif akan merasakan hasilnya ketika perilaku pembelian mobil melalui digital menjadi hal umum. Pasar mobil adalah pasar bernilai lebih dari Rp 200 triliun per tahun, pasar yang belum banyak digarap oleh pemain digital, ” kata Dien Wong, CEO Kami. Kemajuan pesat di sektor otomotif membuat listrik menjadi tren yang akan sangat memengaruhi industri otomotif di masa yang akan datang. Selain X-Prize, Bigelow -seorang jutawan pemilik hotel-hotel murahan- juga menggelar award serupa dengan hadiah US$ 50 juta plus kontrak membuat pesawat bagi siapa saja yang bisa membuat pesawat untuk mengangkut wisatawan mengelilingi bumi beberapa kali.

Industri otomotif Indonesia sejatinya dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi. Di mana ketika Produk Domestik Bruto bertumbuh dan disusul daya beli masyarakat yang bertumbuh, akan sejalan dengan konsumsi yang kian menguat. Dimasa mendatang akan banyak produsen automotif yang akan melakukan investasi di pengembangan mobil listrik sebagai kekuatan bisnis utamanya. Karenanya akan banyak mobil listrik yang ditawarkan produsen mobil dibanding mobil konvensional.

Mengulang sedikit pembahasan Penulis di atas, di tahun politik 2009, Indonesia sedang dalam tahap recovery dari krisis global 2008. Sementara di tahun politik 2014, Indonesia sedang dalam tahap recovery dari krisis mata uang Rupiah 2013. Meskipun di tahun politik 2019 ini, indonesia juga sedang dalam tahap recovery dari pelemahan nilai tukar Rupiah 2018, namun tidak terlalu berat seperti hal nya 2013 – 2014 yang lalu.

Keberadaan kelas menengah dianggap penting dalam pertumbuhan ekonomi lantaran merupakan elemen utama penggerak roda produksi dan konsumsi. Grafik tersebut menunjukkan bahwa saat ini PDB Indonesia berada di kisaran angka yang stabil, setidaknya diperkirakan perekonomian tidak akan terlalu dipengaruhi oleh pemilihan umum yang akan berlangsung dalam beberapa bulan ke depan. Maka dengan demikian, industri otomotif Indonesia diperkirakan juga akan tetap tumbuh dan berkinerja baik meski agak sedikit melambat di semester I-2019 ini. Di tahun politik 2019 ini, situasinya agak berbeda dengan tahun Politik 2009 dan 2014.

Namun, ada juga yang turun, misalnya Audi yang baru mencatatkan penjualan lima unit dari periode sama tahun lalu delapan unit. Di Indonesia, penutupan pabrik juga dilakukan para produsen mobil pada April ini. Honda yang menutup pabriknya di Karawang selama dua pekan sejak 13 April lalu telah memperpanjang penutupan hingga 8 Mei. Keputusan ini diambil agar stok tidak menumpuk di tengah pemintaan yang menurun. Sedangkan di negara asalnya, kedua produsen mobil ini juga menutup sementara beberapa pabriknya mulai pertengahan April, dan berencana memangkas hari serta jam operasional pabrik pada bulan depan.

Alhasil, perusahaan mencatatkan rugi bersih sebesar US$ 246, 6 ribu, berbalik dari laba bersih US$ 505, 3 ribu pada tahun sebelumnya. Penjualan beberapa merek mobil mewah juga tercatat masih menanjak, seperti Lexus naik 7, 9 %, Volkswagen 25, 61 %, dan BMW 13, 27%.

Ia telah membuat perusahaan Bigelow Aerospace yang melakukan riset tentang bagaimana struktur bangunan yang tepat untuk hotel angkasa. Hasilnya cukup mengagumkan dan teknologinya dibeli NASA untuk perbaikan space shuttle. Tentu saja, harga ini jauh lebih murah daripada membeli dari kontraktor seperti Boeing atau Lockheed Martin. Bigelow sadar bahwa mimpi untuk membuat hotel angkasa tidak pernah bisa terwujud tanpa sistem transportasi yang murah. Pendapatan turun hampir 13 %, imbas penurunan penjualan di domestik dan ekspor.